Febrianto Blog: 6 cara seorang blogger Indonesia dapat duit
Jika ini adalah kunjungan pertama Anda, saya sarankan untuk berlangganan RSS feed. Tentu saja gratis, terima kasih!

Ini untuk menjawab pertanyaan dari seseorang yang pesimis dengan apa yang dilakukan seseorang di internet. Dan memang ini pertanyaan dari sebagian besar blogger juga, terutama yang baru mulai. Bagaimana seorang blogger mendapatkan duit lewat blog?

Tampaknya sederhana, namun sulit untuk dijawab, karena tidak semua blogger mencari uang lewat blog. Namun mengingat jumlah pengguna internet Indonesia yang semakin bertambah (lebih 25 juta orang tahun 2008), peluang sebuah blog sebagai ladang uang semakin besar.

Ada banyak sekali cara seorang blogger mendapatkan uang. Bisa melalui blog, dan bisa juga tidak melalui blog. Harus diingat bahwa ada perbedaan mendasar antara “bagaimana seorang blogger mencari duit vs menjadikan blog sebagai mesin penghasil duit.”

Kalau mau jadikan blog sebagai mesin pencetak uang, tidak bisa dipungkiri bahwa ada banyak blogger yang sudah mengantongi dolar dari Google AdSense, Adbrite, Chitika, text link ads, Bidvertizer, dsb. Tapi ada catatan bahwa sebagian besar program tersebut ‘hanya ramah’ dengan bahasa Inggris.

Lalu bagi orang Indonesia, apa kira-kira cara lain yang bisa mendatangkan duit? Apakah hanya dengan mengandalkan cara di atas?
Tak ada $ rupiah pun jadi

Tak ada $ rupiah pun jadi

Ada berbagai macam cara. Salah satunya adalah dengan mengikuti program seperti disebutkan di atas. Namun ada cara lain yang bisa mendatangkan keuntungan berlipat ganda bagi seorang blogger. Saya sebutkan seperti:

1. Membuat produk sendiri. Itu bisa dalam bentuk ebook atau produk lainnya dengan keuntungan seratus persen milik anda.

2. Bisa menjadi konsultan media online. Kalau anda punya keahlian dalam bidang hukum ketenagakerjaan, anda bisa tawarkan jasa sebagai “career counsultant” tentu saja di luar blog anda. Gunakan blog sebagai media untuk ’show off’ kepandaian anda.

3. Mencari sponsor. Anda bisa mencari orang/perusahaan yang bisa pasang iklan sponsor di blog anda. Kalau anda mau, bisa kerja sama dengan perusahaan jasa iklan. Tawarkan komisi yang tinggi buat mereka. Tapi, pastikan trafik blog anda sudah tinggi.

4. Menawarkan kursus online. Saat ini banyak sekali blogger yang menawarkan kurus singkat. Tentunya anda akan dibayar.

5. Mengikuti Associated Programs. Ini yang paling banyak dilakukan. Apabila anda tidak memiliki produk atau jasa sendiri untuk dijual, anda bisa memasarkan produk orang lain melalui affiliate program.

Kalau berhasil menjual produk affiliate, anda akan dibayar dengan jumlah yang cukup menggiurkan.

Tapi, tolong perhatikan bahwa blog punya sifat memberikan informasi kepada pengunjung. Janganlah membuat mereka pusing dengan posting yang semuanya menawakan link affiliate anda.

6. Kenapa tidak berpikir menulis buku? Ada banyak blogger yang saya tahu mendapatkan penghasilan dari menulis buku. Contohnya Darren Rowse, pemilik Problogger.

Masih banyak sekali cara seorang blogger agar bisa mendapatkan uang. Masing-masing orang punya cara tersendiri. Anda tidak harus menerapkan semuanya sekaligus. Pilih mana yang cocok.

Ini yang akan kita bahas pada tulisan-tulisan lainnya nanti. Jadi, seringlah bertandang ke situs saya ini. www.inspiero.com
Diposting oleh My Febrianto Blog

3 komentar:

adhitya febrianto mengatakan...

wew....boleh juga niyh...
sebagai bahan masukkan buat nambah2in pemasukkan finansial.
^^

Senin, 08 Juni, 2009  
Anonim mengatakan...

bisa..

Selasa, 16 Juni, 2009  
Anonim mengatakan...

Saya jg lg belajar nih mas.
Lg mempersiapkan blog^^

Kamis, 18 Juni, 2009  

Posting Komentar

jika ada kritik atau saran mohon di sampaikan saja,,